Sujud Tilawah Cara Dan Waktu Melakukannya

Sujud Tilawah Cara Dan Waktu Melakukannya

Sujud tilawah merupakan sujud yang dilakukan dengan sekali sujud saja, tanpa takbirotul ihrom dan tanpa salam. Sujud ini disunatka ketika membaca, mendengar ayat ayat sajadah yang tersebar di lima belas tempat dalam Al Qur'an. Diantaranya dalam surat Al A'rof ayat 2016, surat Ar rod ayat 15,surat An Nahl ayat 49, surat Al Isro ayat 107-109, surat Maryam ayat 58, surat Furqon ayat 60, surat Al Hajj ayat 18 dan surat Al Qur'an lainnya.
Sujud Tilawah Cara Dan Waktu Melakukannya Sujud Tilawah Cara Dan Waktu Melakukannya
Rosululloh mengucapkan doa ini dalam sujud Al Qur'an atau sujud tilawah diwaktu malam, Beliau mengucapkan  doa ini berkali-kali ( HR.Abu Daud dan At Tirmidzi ).

Sujud tilawah boleh dilakukan kapan saja, siang, malam, pagi, sore dalam keadaan wudhu ataupun tidak, dengan menghadap kiblat atau tidak, dalam sholat ataupun tidak ( kalau dalam sholat tentu dalam keadaan berwudhu ) sebagai tanda rasa syukur kita pada Allah SWT atas segala nikmat yang telah Dia berikan pada kita.
Inilah Doanya:

سَجَدَ وَجْهِىَ لِلَذِ ى خَلْقَهُ وَصَوَّرهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ فَتَبَا رَكَ اَللّهُ اَحْسَنُ الْخَا لِقِىْنَ

Artinya: Wajahku bersujud kepada Robb yang telah menciptakannya, yang membelah pendengarannya dan penglihatannya dengan daya dan kekuatan-Nya, Maka mahasuci Alloh sebaik-baik pencipta.

Sebagai hamba Alloh yang banyak dosa, sudah sepantasnya kita selalu ta'dzim dan bersyukur pada Alloh SWT yang telah banyak memberi nikmat pada kita semua. Bersujudlah kepada-Nya selagi kita masih punya kesempatan, jangan menunggu nanti karena umur kita belum tentu sampai nanti, jangan menunggu kita tua, karena belum tentu kita sampai tua.
Sumber https://www.anekapendidikan.com/

0 Response to "Sujud Tilawah Cara Dan Waktu Melakukannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel