Cara Menjaga Kesehatan saat Berpuasa di Bulan Ramadhan dan/atau Ketika Berpuasa Sunnah Senin Kamis

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Bulan Puasa Ramadhan_Bagaimana cara menjaga kesehatan saat berpuasa wajib di bulan suci Ramadhan ataupun ketika menjalankan puasa sunnah senin kamis dan puasa sunnah lainnya?_Akan terjadi banyak perubahan pola hidup (terutama pola makan)  saat kita menjalankan puasa Ramadhan maupun puasa sunat. Maka dari itu, menjaga kesehatan merupakan hal yang harus diutamakan agar kita diberi kelancaran dalam melaksanakan ibadah puasa. Banyak orang yang akhirnya malah menjadi kurang sehat setelah menjalani puasa karena mereka menjalani pola hidup yang salah. Padahal, jika Anda menjalani puasa dengan benar, justru Anda akan mendapatkan banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Baca Manfaat Puasa bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

Maka dari itu, menjaga kesehatan di bulan puasa atau saat puasa merupakan hal yang wajib dilakukan untuk menunjang pelaksanaan puasa agar optimal, sekaligus Anda bisa secara penuh mendapatkan manfaat puasa bagi kesehatan Anda sendiri. Penasaran bagaimana caranya? Simak tips-tips berikut:
Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Bulan Puasa Ramadhan Cara Menjaga Kesehatan saat Berpuasa di Bulan Ramadhan dan/atau Ketika Berpuasa Sunnah Senin Kamis
Tips Menjaga Kesehatan Selama Puasa Ramadhan dan/atau Puasa Sunnah

1. Buatlah Perencanaan Makanan
Anda perlu lho membuat perencanaan menu makanan untuk makan sahur dan berbuka puasa. Untuk apa? Agar Anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi-nutirisi yang tubuh Anda konsumsi agar organ-organ di tubuh Anda dapat menjalankan tugasnya masing-masing secara optimal, dan membuat tubuh Anda tetap terjaga kesehatannya. Karena tubuh yang sehat adalah tubuh yang organ-organnya tidak ada gangguan dalam menjalankan tugasnya. Ingat, hindari mengonsumsi junkfood atau makanan cepat saji yang sejenis agar efek buruk dari makanan tersebut tidak mengganggu kesehatan Anda.

2. Menu Makan Sahur dan Berbuka Puasa yang Sehat
Dalam menyajikan makanan untuk sahur dan berbuka, hendaknya selalu lengkapi dengan unsur-unsur seperti karbohidrat, sayur, buah, protein, lemak dan cairan.

Karbohidrat yang baik dikonsumsi adalah beras merah, gandum utuh dll. Sedangkan untuk sayur, Anda sebaiknya mengonsumsi sayur-sayuran hijau. Buah yang bagus dikonsumsi selama bulan puasa adalah yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti pisang, apel, berry dll. Mengonsumsi buah kering seperti kurma juga dianjurkan, seperti ajaran Nabi Muhammad, asalkan tidak melebihi porsi yang sewajarnya.

Untuk lemak dan proteinnya, Anda bisa memenuhinya dari konsumsi kacang-kacangan, tempe, tahu, telur, ikan laut dll. Dan yang terakhir, cairan yang dimaksud disini adalah air putih. Anda juga bisa minum air kelapa agar tubuh Anda cukup terhidrasi.

3. Buka dan Sahur di Waktu yang Tepat dan Jangan sampai Kekenyangan
Jika Anda makan sahur dan berbuka puasa, berhentilah makan sebelum terlalu kenyang.

4. Kurangi atau Hindari Mengonsumsi Kopi, Teh dan Minuman yang Bersoda
Jika Anda terbiasa mengonsumsi 3 jenis minuman diatas, sebaiknya Anda kurangi, atau lebih bagus lagi Anda hindari. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir sakit kepala ketika Anda sedang menjalankan ibadah puasa.

Membatasi konsumsi kafein juga bertujuan untuk mengurangi dehidrasi karena sesungguhnya kafein hanya akan memicu pengeluaran air yang cukup banyak dari tubuh Anda.

5. Sempatkan Olahraga
Meskipun sedang berpuasa, hendaknya sedikit-sedikit Anda harus masih melakukan olahraga agar tubuh Anda bugar dan tidak lemas. Karena olahraga berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan suplai oksigen, serta melancarkan metabolisme.

Anda tidak perlu melakukan olahraga sperti yang Anda lakukan pada hari-hari biasanya. Anda cukup disarankan untuk melakukan gerakan-gerakan olahraga yang ringan-ringan saja.

6. Waktu Tidur yang Cukup
Mungkin selama puasa Ramadhan porsi tidur Anda akan berkurang karena akan banyak aktifitas ibadah yang dilakukan di malam hari. Belum lagi setiap paginya diharuskan untuk bersantap sahur.

Gunakan sedikit waktu siang hari Anda untuk tidur jika pada malam harinya Anda merasa kekurangan tidur. Jangan sampai tidur siang Anda malah nantinya mengganggu aktivitas Anda yang lain.

Baca juga:
Demikian tentang Cara Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa Ramadhan dan Ketika Berpuasa Sunnah/Sunat. Semoga bermanfaat dan semoga kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar.
Sumber https://www.websitependidikan.com/

0 Response to "Cara Menjaga Kesehatan saat Berpuasa di Bulan Ramadhan dan/atau Ketika Berpuasa Sunnah Senin Kamis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel